Kamis, 24 Mei 2012

Iman kepada Hari Akhir (3)


IMAN KEPADA HARI AKHIR (3)
(oleh H. Asnin Syafiuddin, Lc. MA)



Pengantar

Pada  bagian kedua sudah dipaparkan tentang tentang kandungan iman kepada Hari Akhir, mulai dari fitnah kubur sampai tanda-tanda kiamat. Pada bagian ketiga dan terakhir ini akan dipaparkan lanjutan kandungan iman kepada hari akhir dan dampak positif iman kepada hari akhir.

4.      Permulaan hari Kiamat

Kita wajib mengimani segala yang terjadi di hari terakhir dari kehidupan dunia dan permulaaan yaumul akhir, sebagaimana yang Allah informasikan dalam al-Qur’an, terutama  dalam surat at-Takwir  dan al-Infithar. Semua ayat-ayat itu menjelaskan bahwa hari akhir bermula dengan terjadinya perubahan secara menyeluruh dalam alam semesta ini; langit terbelah, bintang-bintang berhamburan, planet-planet bertabrakan, bumi luluh lantah, dan kembali menjadi  hamparan yang gersang, gunung-gunung menjadi  bagaikan tumpukan pasir yang berhamburan, segala sesuatu  menjadi rusak, dan segala yang diketahui manusia di dunia ini menjadi hancur.
Allah swt. berfirman  :
يَوْمَ تُبَدَّلُ الْأَرْضُ غَيْرَ الْأَرْضِ وَالسَّمَاوَاتُ وَبَرَزُوا لِلَّهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ
(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit, dan mereka semuanya (di padang mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa. “ (QS. Ibrahim/14 : 48)
Itu semua terjadi setelah tiupan pertama yang dilakukan oleh Israfil atas perintah Allah. Maka matilah seluruh yang ada di langit dan bumi, kecuali yang dikehendaki Allah. Firman Allah swt.  :
وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَى فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ
Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu putusan masing-masing. “ (QS. az-Zumar/39 : 68) 
Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasululullah saw. bersabda :
يَقْبِضُ اللَّهُ الْأَرْضَ وَيَطْوِي السَّمَاءَ بِيَمِينِهِ  ، ثُمَّ يَقُولُ : أَنَا الْمَلِكُ ، أَيْنَ مُلُوكُ الْأَرْضِ (رواه البخاري)

“ Allah menggenggam bumi dan melipat langit dengan tangan kanan-Nya, kemudian Dia mengatakan : ‘Akulah Raja, mana raja-raja bumi ?” (HR. Bukhari)

5. Kebangkitan (al-Ba’ts)

Kita juga mengimani bahwa selain itu Allah swt memerintahkan tiupan yang kedua, lalu orang-orang yang sudah mati kembali hidup. Inilah hari kebangkitan, yaitu dikembalikannya manusia dengan ruh dan jasad seperti keadaannya sewaktu di dunia. Kemudian Allah  mengeluarkan manusia dari kubur dalam keadaan hidup. Saat itu orang-orang kafir dan munafik mengatakan : “  Siapa yang menghidupkan kami dari tidur kami ?”. Sedangkan orang-orang beriman mengatakan : “Ini adalah yang telah dijanjikan Rabb kami dan benarlah para rasul itu “. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan dalam al-Qur’an :
وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَإِذَا هُمْ مِنَ الْأَجْدَاثِ إِلَى رَبِّهِمْ يَنْسِلُونَ (51) قَالُوا يَا وَيْلَنَا مَنْ بَعَثَنَا مِنْ مَرْقَدِنَا هَذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ (52)
Dan ditiuplah sangkalala], maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. Mereka berkata: "Aduhai celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat-tidur kami (kubur)?." Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul- rasul(Nya). (QS. Yasin/36 : 51-52)


Dalam hadits-hadits shahih disebutkan bahwa Nabi Muhammad saw adalah orang pertama yang dibangkitkan dari kubur. Beliau bersabda :
النَّاسُ يَصْعَقُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، فَأَكُونُ أَوَّلَ مَنْ يُفِيقُ ، فَإِذَا أَنَا بِمُوسَى آخِذٌ بِقَائِمَةٍ مِنْ قَوَائِمِ الْعَرْشِ ، فَلَا أَدْرِي أَفَاقَ قَبْلِي أَمْ جُوزِيَ بِصَعْقَةِ الطُّورِ . (رواه البخاري)
Manusia akan dipingsankan (dimatikan) pada hari kiamat. Maka akulah yang pertama kali sadar. Ternyata Nabi Musa sedang memegang ‘arasy. Aku tidak tahu apakah dia sadar sebelum aku atau dia mendapatkan balasan dengan dipingsankannya di bukit Sinai “. (HR. Bukhari)

6. Penghimpunan (Al-Hasyr)

Kita mengimani bahwa akan terjadi penghimpunan setelah manusia dibangkitkan dan dikeluarkan dari  kubur. Allah swt berfirman  :
يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِينَ إِلَى الرَّحْمَنِ وَفْدًا (85) وَنَسُوقُ الْمُجْرِمِينَ إِلَى جَهَنَّمَ وِرْدًا
 “(Ingatlah) hari (ketika) Kami mengumpulkan orang-orang yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sebagai perutusan yang terhormat, dan Kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahannam dalam keadaan dahaga”. (QS. Maryam/19 : 85-86)
Penghimpunan adalah penggiringan semua manusia ke mauqif, yakni tempat mereka berdiri sambil menunggu keputusan yang pasti tentang nasib masing-masing. Dalam mauqif ini manusia dalam keadaan bagaikan baru saja dilahirkan : telanjang kaki, tanpa busana, dan ddalam keadaan tidak dikhitan. Dalam sebuah hadits shahih yang disampaikan Aisyah r.a. Rasulullah saw. bersabda :

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ :  سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : " يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حُفَاةً عُرَاةً غُرْلًا " ,  قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ , النِّسَاءُ وَالرِّجَالُ جَمِيعًا يَنْظُرُ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ ؟ قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " يَا عَائِشَةُ , الْأَمْرُ أَشَدُّ مِنْ أَنْ يَنْظُرَ بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ " (رواه البخاري ومسلم )
Dari Aisyah ra. ia berkata : Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda : "Di hari kiamat seluruh manusia akan dihimpun dalam keadaan tidak beralas kaki, telanjang dan tidak disunat" . Saya bertanya : Wahai Rasulullah, seluruh wanita dan laki-laki saling melihat ? Rasulullah bersabda : "Wahai Aisyah, keadaan lebih dahsyat daripada mereka saling melihat satu sama lain" . (HR. Bukhari dan Muslim).
Di tempat berdiri itu manusia ditimpa kesulitan yang dahsyat. Al-Miqdad bin al-Aswad meriwayatkan sabda Rasulullah  saw.  :
تُدْنَى الشَّمْسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ الْخَلْقِ حَتَّى تَكُونَ مِنْهُمْ كَمِقْدَارِ مِيلٍ ، فَيَكُونُ النَّاسُ عَلَى قَدْرِ أَعْمَالِهِمْ فِي الْعَرَقِ ، فَمِنْهُمْ مَنْ يَكُونُ إِلَى كَعْبَيْهِ ، وَمِنْهُمْ مَنْ يَكُونُ إِلَى رُكْبَتَيْهِ ، وَمِنْهُمْ مَنْ يَكُونُ إِلَى حَقْوَيْهِ ، وَمِنْهُمْ مَنْ يُلْجِمُهُ الْعَرَقُ إِلْجَامًا ، وَأَشَارَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِيَدِهِ إِلَى فِيهِ . (رواه ومسلم )

“Matahari didekatkan kepada manusia pada hari kiamat hingga berjarak satu mil. Maka manusia terendam keringat sesuai dengan kadar amalnya masing-masing. Ada orang yang keringatnya mencapai lututnya. Ada orang yang keringatnya  mencapai pinggangnya, dan ada pula orang yang keringatnya menjadi seperti tali kekang (pada kuda) mencapai mulutnya –seraya Rasulullah saw menunjuk mulutnya “. (HR. Muslim).
Pada saat itu ada orang-orang yang memperoleh perlindungan Allah swt, sebagaimana yang dikabarkan oleh Rasulullah saw :
سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللَّهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ : الْإِمَامُ الْعَادِلُ ، وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ رَبِّهِ ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ ، وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ ، وَرَجُلٌ طَلَبَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ أَخْفَى حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللَّهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ . (رواه البخاري ومسلم وغيره)
“Ada tujuh (kelompok) manusia yang Allah lindungi dalam naungan-Nya, pada hari tiada naungan selain naungan-Nya (hari kiamat) : pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Allah, seorang laki-laki yang hatinya terpaut ke masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah, mereka bersatu karena Allah dan berpisah karena Allah pula, seorang laki-laki yang dirayu oleh  wanita yang punya kedudukan dan kecantikan lalu mengatakan (untuk menolaknya) ‘Aku takut kepada Allah’, dan seseorang yang memberikan sedekah lalu ia sembunyikan hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan tangan kanannya, dan seseorang yang mengingat (berdzikir kepada) Allah lalu mengalirlah air matanya “. (HR. Bukhari, Muslim dan lain-lain)
Ketika keadaan menjadi semakin dahsyat dan kesulitan menjadi besar di tempat berdiri itu, mereka meminta syafa’at kepada Allah melalui para rasul dan para nabi. Mereka ingin para nabi dan rasul itu menyelamatkan mereka dari keadaan yang sedang mereka alamai, dan mempercepat turunnya putusan. Setiap rasul mengalihkan permohonan syafa’at itu kepada rasul yang datang sesudahnya, sampai mereka mendatangi Nabi Muhammad saw. Lalu beliau memberi syafa’at kepada mereka dan Allah menerima syafa’at beliau, dan manusia pun kembali ke tempat semula untuk menerima keputusan.

7. Balasan Amal
يَوْمَئِذٍ يُوَفِّيهِمُ اللَّهُ دِينَهُمُ الْحَقَّ وَيَعْلَمُونَ أَنَّ اللَّهَ هُوَ الْحَقُّ الْمُبِينُ
 “ Di hari itu, Allah akan memberi mereka balasan yang setimpal menurut semestinya, dan tahulah mereka bahwa Allah-lah Yang Benar, lagi Yang menjelaskan (segala sesuatu) menurut hakikat yang sebenarnya”. (QS. an-Nur/24 : 25)
Rasulullah saw bersabda meriwayatkan dari Rabbnya :
يَا عِبَادِي إِنَّمَا هِيَ أَعْمَالُكُمْ أُحْصِيهَا لَكُمْ ، ثُمَّ أُوَفِّيكُمْ إِيَّاهَا ، فَمَنْ وَجَدَ خَيْرًا فَلْيَحْمَدْ اللَّهَ ، وَمَنْ وَجَدَ غَيْرَ ذَلِكَ فَلَا يَلُومَنَّ إِلَّا نَفْسَهُ . (رواه ومسلم )
          “ Wahai hamba-hamba-Ku, itu tidak lain adalah amal-amal kalian yang Aku hitung untuk kalian, lalu Aku penuhi untuk kalian (pahalanya). Maka barangsiapa mendapatkan kebaikan, hendaklah ia memuji Allah, dan barangsiapa mendapatkan selain itu, maka janganlah ia mencela selain dirinya sendiri “. (Hadits qudsi riwayat Muslim).
8. Menghadap Allah dan  Perhitungan Amal (Al-‘Ardh wal Hisab)


Kita beriman adanya 'ardh (menghadap Allah), dimana ketika itu manusia menghadap kepada Tuhan mereka, sebagaimana firman Allah dalam Surah Al-Haqqah: 15-18 :
فَيَوْمَئِذٍ وَقَعَتِ الْوَاقِعَةُ (15) وَانْشَقَّتِ السَّمَاءُ فَهِيَ يَوْمَئِذٍ وَاهِيَةٌ (16) وَالْمَلَكُ عَلَى أَرْجَائِهَا وَيَحْمِلُ عَرْشَ رَبِّكَ فَوْقَهُمْ يَوْمَئِذٍ ثَمَانِيَةٌ (17) يَوْمَئِذٍ تُعْرَضُونَ لَا تَخْفَى مِنْكُمْ خَافِيَةٌ (18)
"Maka pada hari itu terjadilah hari Kiamat, dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi lemah. Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan malaikat menjunjung 'Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka. Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Tuhanmu), tidada sesuatu pun dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi Allah)."
Allah berfirman dalam Surah Al-Kahfi ayat 48 :
وَعُرِضُوا عَلَى رَبِّكَ صَفًّا لَقَدْ جِئْتُمُونَا كَمَا خَلَقْنَاكُمْ أَوَّلَ مَرَّةٍ بَلْ زَعَمْتُمْ أَلَّنْ نَجْعَلَ لَكُمْ مَوْعِدًا
"Dan mereka akan dibawa ke hadapan Tuhanmu dengan berbaris. Sesungguhnya kamu datang kepada Kami, sebagaimana Kami menciptakan kamu pada kali yang pertama."
Dan kita beriman kepada al-hisab (perhitungan amal), di mana Allah menghitung amal segenap manusia. Dan kepada setiap hamba-Nya yang beriman Allah menyendiri dengannya dan dia mengakui dosa-dosanya, sebagaimana hal itu disebutkan dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah. Adapun orang-orang kafir, maka mereka tidak dihisab sebagaimana dihisabnya orang yang ditimbang antara kebaikan dan keburukannya, karena mereka tidak memiliki kebaikan sama sekali. Tetapi perbuatan (dosa-dosa) mereka dihitung dan dihadapkan kepada mereka dan mereka pun mengakuinya. Allah berfirman dalam Surah Al-Insyiqaq : 6 - 15 :
يَا أَيُّهَا الْإِنْسَانُ إِنَّكَ كَادِحٌ إِلَى رَبِّكَ كَدْحًا فَمُلَاقِيهِ (6) فَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِيَمِينِهِ (7) فَسَوْفَ يُحَاسَبُ حِسَابًا يَسِيرًا (8) وَيَنْقَلِبُ إِلَى أَهْلِهِ مَسْرُورًا (9) وَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ وَرَاءَ ظَهْرِهِ (10) فَسَوْفَ يَدْعُو ثُبُورًا (11) وَيَصْلَى سَعِيرًا (12) إِنَّهُ كَانَ فِي أَهْلِهِ مَسْرُورًا (13) إِنَّهُ ظَنَّ أَنْ لَنْ يَحُورَ (14) بَلَى إِنَّ رَبَّهُ كَانَ بِهِ بَصِيرًا (15)
"Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, maka pasti kamu akan menemui-Nya. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya, maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah, dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari belakang, maka dia akan berteriak, 'Celakalah aku'. Dan dia akan masuk ke dalam api yang manyala-nyala (Neraka). Sesungguhnya dia dahulu (di dunia) bergembira di kalangan kaumnya (yang sama-sama kafir). Sesungguhnya dia yakin bahwa dia sekali-kali tidak akan kembali (kepada Tuhannya). (Bukan demikian), yang benar, sesungguhnya Tuhannya selalu melihatnya."
Dan Al-Bukhari meriwayatkan dalam shahihnya dari Aisyah ra bahwasanya Nabi SAW bersabda:
لَيْسَ أَحَدٌ يُحَاسَبُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِلَّا هَلَكَ ، فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، أَلَيْسَ قَدْ قَالَ اللَّهُ تَعَالَى : { فَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِيَمِينِهِ فَسَوْفَ يُحَاسَبُ حِسَابًا يَسِيرًا } ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّمَا ذَلِكِ الْعَرْضُ ، وَلَيْسَ أَحَدٌ يُنَاقَشُ الْحِسَابَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِلَّا عُذِّبَ (رواه البخاري)
"Tidak seorang pun yang dihisab pada hari Kiamat kecuali ia binasa. Maka aku bertanya, 'Wahai Rasulullah, bukankah Allah berfirman, "Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya, maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah." Maka Rasulullah SAW bersabda, 'Sesungguhnya itu adalah al'ardh (menghadap kepada Tuhan), dan tidak seorang pun yang diperbincangkan hisabnya pada hari Kiamat kecuali ia disiksa'." (HR. Bukhari)
            Sabda Rasulullah saw :
عَنْ صَفْوَانَ بْنِ مُحْرِزٍ الْمَازِنِيِّ قَالَ بَيْنَمَا أَنَا أَمْشِي مَعَ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا آخِذٌ بِيَدِهِ إِذْ عَرَضَ رَجُلٌ فَقَالَ كَيْفَ سَمِعْتَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي النَّجْوَى فَقَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ يُدْنِي الْمُؤْمِنَ فَيَضَعُ عَلَيْهِ كَنَفَهُ وَيَسْتُرُهُ فَيَقُولُ أَتَعْرِفُ ذَنْبَ كَذَا أَتَعْرِفُ ذَنْبَ كَذَا فَيَقُولُ نَعَمْ أَيْ رَبِّ حَتَّى إِذَا قَرَّرَهُ بِذُنُوبِهِ وَرَأَى فِي نَفْسِهِ أَنَّهُ هَلَكَ قَالَ سَتَرْتُهَا عَلَيْكَ فِي الدُّنْيَا وَأَنَا أَغْفِرُهَا لَكَ الْيَوْمَ فَيُعْطَى كِتَابَ حَسَنَاتِهِ وَأَمَّا الْكَافِرُ وَالْمُنَافِقُونَ فَيَقُولُ الْأَشْهَادُ { هَؤُلَاءِ الَّذِينَ كَذَبُوا عَلَى رَبِّهِمْ أَلَا لَعْنَةُ اللَّهِ عَلَى الظَّالِمِينَ }  
Dari Shafwan bin Muhriz al-Maziniy, ia berkata : Ketika saya berjalan bersama Ibnu Umar ra. dengan memegang tangannya, tiba-tiba datang seorang laki-laki sambil berkata : Apakah kamu mendengar Rasulullah saw bersabda  tentang  pembicaraan rahasia? Ibnu Umar berkata : Saya mendengar Rasulullah saw bersabda : “Sesungguhnya Allah mendekatkan seorang mukmin, lalu Dia memberikan perlindungan-nya dan menutupi (dosa)nya. Dia berfirman : Apakah kamu mengetahui dosa yang itu, apakah kamu mengetahui dosa yang itu? Si Mukmin itu berkata : Ya wahai Rabbku. Sampai dia telah mengakui dosa-dosanya dan melihat dirinya binasa, Allah berfirman : Aku telah menutupinya di dunia, dan Aku mengampuninya sekarang, lalu diberikannyalah buku kebaikanya. Adapun orang kafir dan orang-orang munafik maka para saksi akan berkata: "Orang-orang inilah yang telah berdusta terhadap Tuhan mereka". Ingatlah, kutukan Allah (ditimpakan) atas orang-orang yang lalim”. [QS. Al-An’am:18]. (HR. Bukhari)
Kita juga beriman bahwa setiap manusia akan diberi kitab (catatan) amal perbuatannya. Dan jika seorang mukmin melihat isi lembaran-lembaran kitabnya yang terdiri dari tauhid, dan amal-amal shalih maka ia gembira dan bersuka cita. Kegembiraan itu dilukiskan Allah dalam firman-Nya dalam Surah Al-Haqqah ayat 19 - 24 :
فَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِيَمِينِهِ فَيَقُولُ هَاؤُمُ اقْرَءُوا كِتَابِيَهْ (19) إِنِّي ظَنَنْتُ أَنِّي مُلَاقٍ حِسَابِيَهْ (20) فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَاضِيَةٍ (21) فِي جَنَّةٍ عَالِيَةٍ (22) قُطُوفُهَا دَانِيَةٌ (23) كُلُوا وَاشْرَبُوا هَنِيئًا بِمَا أَسْلَفْتُمْ فِي الْأَيَّامِ الْخَالِيَةِ (24)
"Adapun orang-orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kanannya, dia berkata, 'Ambillah, bacalah kitabku (ini)'. Sesungguhnya akau yakin bahwa sesungguhnya akan akan menemui hisab terhadap diriku. Maka orang itu berada dalam kehidupan yang diridhai, dalam surga yang tinggi, buah-buahannya dekat. (Kepada mereka dikatakan), 'Makan dan minumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu."
Adapun orang-orang kafir, munafik dan orang-orang sesat maka mereka diberikan catatan amalnya dari sebelah kirinya dan dari belakang punggung mereka. Ketika itu orang kafir tersebut berseru dengan kecelakaan, kebinasaan dan perkara-perkara besar lainnya. Allah berfirman dalam Surah Al-Haqqah ayat 25-32 :
وَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِشِمَالِهِ فَيَقُولُ يَا لَيْتَنِي لَمْ أُوتَ كِتَابِيَهْ (25) وَلَمْ أَدْرِ مَا حِسَابِيَهْ (26) يَا لَيْتَهَا كَانَتِ الْقَاضِيَةَ (27) مَا أَغْنَى عَنِّي مَالِيَهْ (28) هَلَكَ عَنِّي سُلْطَانِيَهْ (29) خُذُوهُ فَغُلُّوهُ (30) ثُمَّ الْجَحِيمَ صَلُّوهُ (31) ثُمَّ فِي سِلْسِلَةٍ ذَرْعُهَا سَبْعُونَ ذِرَاعًا فَاسْلُكُوهُ (32)
"Adapun orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kirinya, maka dia berkata, 'Wahai alangkah baiknya kiranya tidak diberikan kepadaku kitabaku (ini). Dan aku tidak mengetahui apa hisab terhadap diriku. Wahai kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu. Hartaku sekali-kali tidak memberi manfaat kepadaku, telah hilang kekuasaannku darika. (Allah berfirman), 'Peganglah dia lalu belenggulah tangannya ke lehernya. Kemudian masukkaanlah dia kedalam api Neraka yang menyala-nyala'. Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta. "
9. Kolam (Al-Haudh)
            Kita wajib mengimani apa yang disampaikan Rasulullah saw. tentang kolam yang merupakan karunia Allah kepada Rasulullah dan umatnya. Hadits-hadits yang menyebutkan hal itu mencapai derajat mutawatir dan kalangan sahabat yang meriwayatkannya lebih dari tiga puluh orang.
            Di antara hadits yang berbicara tentang kolam adalah sabda Rasulullah saw :
أَنَا فَرَطُكُمْ عَلَى الْحَوْضِ ، مَنْ وَرَدَ شَرِبَ ، وَمَنْ شَرِبَ لَمْ يَظْمَأْ أَبَدًا ، وَلَيَرِدَنَّ عَلَيَّ أَقْوَامٌ أَعْرِفُهُمْ وَيَعْرِفُونِي ، ثُمَّ يُحَالُ بَيْنِي وَبَيْنَهُمْ ، فَيَقُولُ إِنَّهُمْ مِنِّي ، فَيُقَالُ : إِنَّكَ لَا تَدْرِي مَا عَمِلُوا بَعْدَكَ،  فَأَقُولُ : سُحْقًا سُحْقًا لِمَنْ بَدَّلَ بَعْدِي . (رواه مسلم )
“ Aku adalah orang pertama yang mendatangi kolam. Barangsiapa yang mendatanginya pasti ia minum darinya, dan barangsiapa yang minum, maka ia tidak akan pernah dahaga selamanya. Dan akan datang kepadaku kaum-kaum yang aku kenal dan mereka mengenalku. Tapi dihalangi antara aku dengan mereka. Lalu aku katakan, mereka adalah termasuk umatku. Lalu dijawab : ‘Sesungguhnya engkau tidak tahu apa yang mereka lakukan sepeninggalmu’. Maka aku katakana : menjauhlah, menjauhlah bagi orang yang merubah (agama) sepeninggalku.” (HR. Muslim)
            Dari hadits di atas dijelaskan bahwa orang yang pertama mendatangi kolam itu adalah Nabi Muhammad saw, kemudian diikuti umatnya. Sedangkan orang-orang kafir, orang-orang durhaka, dan pelaku dosa besar akan diusir dari kolam itu. Hal ini terjadi setelah usai dari mauqif –dengan segala kedahsyatannya - , ‘ardh, hisab, membaca lembaran-lembaran (catatan amal), dan lainnya.
            Dalam hadits lain dijelaskan tentang sifat-sifat kolam itu, di mana kolam tersebut adalah kolam besar, tempat air yang mulia, yang mengalir dari air minum yang ada di surga, dari sungai Kautsar, yang lebih putih dari susu, lebih dingin dari es, lebih manis dari madu, dan lebih harum dari kesturi. Kolam itu teramat luas. Panjang dan lebarnya sama. Dari satu pojok ke pojok lainnya sama dengan perjalanan satu bulan. Setiap kali diminum, kolam itu bertambah luas dan besar.
10. Timbangan ( Al-Mizan )
            Kita wajib mengimani  keterangan dari Allah dan Rasul-Nya bahwa amal manusia, yang baik dan yang buruk, akan ditimbang pada hari kiamat untuk membuktikan keadilan Allah. Allah berfirman  :
وَنَضَعُ الْمَوَازِينَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيَامَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئًا وَإِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ أَتَيْنَا بِهَا وَكَفَى بِنَا حَاسِبِينَ
 “ Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikit pun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawi pun pasti kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah kami sebagai Pembuat perhitungan”. (QS. al-Anbiya’/21 : 47)
            Hadits-hadits menunjukkan bahwa timbangan yang dimaksud adalah timbangan yang mempunyai dua piringan. Amal baik akan diletakkan pada satu piringan dan amal buruk diletakkan pada piringan lainnyya.
            Penimbangan amal dilakukan  setelah penghitungan (hisab), untuk memperhitungkan penghitungan pembalasan amal. Jadi setelah dilakukan hisab untuk membuktikan amal-amal yang telah dilakukan, maka timbangan dimaksudkan untuk menampakkan ukurannya sehingga balasan yang diberikan sesuai dengan amal yang dilakukan itu.
Penimbangan tidak berlaku bagi para nabi dan orang-orang yang dikecualikan dari hisab oleh Allah swt.
11. Titian (Ash-Shirath)
            Setelah penghitungan dan penimbangan amal, manusia akan berbaik dari mauqif untuk berjalan di atas jembatan yang terbentang di atas neraka jahannam. Itulah ash-shirath. Melintasi jembatan itu berlaku untuk seluruh manusia : para nabi, para shiddiqin, mukminin, orang-orangf kafir, dan orang yang dihisab serta yang tidak dihisab. Siapa yang istiqamah di atas jalan Allah, yakni agama kebenaran (Islam) di dunia, maka ia akan istiqamah pula di atas jembatan itu pada hari akhirat. Jadi tidak  ada seorang pun yang luput dari melintasi jembatan itu. Allah akan menyelamatkan orang-orang yang beriman dan membiarkan orang-orang zalim berlutut di dalamnya. Firman Allah  :
وَإِنْ مِنْكُمْ إِلَّا وَارِدُهَا كَانَ عَلَى رَبِّكَ حَتْمًا مَقْضِيًّا (71) ثُمَّ نُنَجِّي الَّذِينَ اتَّقَوْا وَنَذَرُ الظَّالِمِينَ فِيهَا جِثِيًّا (72)
Dan tidak  ada seorang pun daripadamu, melainkan  mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan. Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut. (QS. Maryam/19 : 71-72)
            Beberapa  hadits shahih menyebutkan bahwa tingkat kemudahan manusia dalam melintasi jembatan itu tergantung pada amalnya sewaktu di dunia. Di antara manusia ada yang melaluinya dalam sekejap mata, ada yang malaluinya secepat kilat, ada yang melaluinya sekencang angin, ada yang melaluinya seperti kuda yang berlari kencang, ada yang melaluinya seperti penunggang unta, ada yang melaluinya dengan berlari, ada yang melaluinya dengan berjalan biasa, ada yang melaluinya dengan merangkak, ada pula yang melangkah sekali langkah kemudian terjungkal ke dalam Neraka Jahannam.
            Sedangkan orang yang amal salehnya sedikit akan melintasinya dengan tangan yang satu terjuntai dan bergelantung  dengan tangan yang lain, kaki yang satu terjuntai dan bergelantung dengan kakinya yang lain, bagian samping badannya terkena api, lalu mereka selamat. Begitu selamat, orang itu mengatakan : “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami darimu (api neraka) setelah Dia memperlihatkan kamu kepada kami. Sungguh Allah telah memberi kami  apa-apa yang tidak diberikan kepada orang  lain”.
            Dalam hadits  juga disebutkan bahwa ketika orang-orang mukmin melintasi jembatan itu, mereka akan berhenti di atas jembatan antara  surga dan neraka. Di sana, sebagian orang menuntut  balas orang lain. Jika sudah bersih, maka diizinkanlah mereka untuk masuk ke dalam surga.

12.  Syafa’at

Definisi Syafaat
 
Syafaat dari sisi bahasa berasal dari kata asy-syaf’u yang berarti genap, genap sebagai hasil dari gabungan atau kumpulan antara sesuatu dengan sejenisnya. Syafaat secara istilah berarti meminta kebaikan untuk orang lain
. Syafa’at dikatakan syafaat karena  pemberi syafaat menggabungkan diri kepada orang yang diberi syafaat dalam  menghasilkan yang kebaikan yang diminta. Dalam pemakaian sehari-hari, syafaat digunakan untuk perantara dari orang yang tinggi derajatnya kepada orang yang lebih rendah demi kebaikan orang yang lebih rendah tersebut.

Syarat syafaat
 
Syafaat yang dibicarakan di sini adalah syafaat di hadapan Allah di Hari Kiamat di mana ia berbeda dengan syafaat yang ada pada selain-Nya. Syafaat di sisi Allah harus memenuhi dua syarat utama:

Syarat pertama, izin dari Allah kepada pemberi syafaat untuk memberi syafaat. Syarat ini berdasar kepada dalil-dalil, antara lain :
1-      Firman Allah yang artinya :  Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.” (QS. al-Baqarah: 255).
2- Sabda Nabi saw :
"فَأَسْتَأْذِنُ عَلَى رَبِّي فَيُؤْذَنُ لِي وَيُلْهِمُنِي مَحَامِدَ أَحْمَدُهُ بِهَا لَا تَحْضُرُنِي الْآنَ فَأَحْمَدُهُ بِتِلْكَ الْمَحَامِدِ وَأَخِرُّ لَهُ سَاجِدًا فَيَقُولُ يَا مُحَمَّدُ ارْفَعْ رَأْسَكَ وَقُلْ يُسْمَعْ لَكَ وَسَلْ تُعْطَ وَاشْفَعْ تُشَفَّعْ".
Maka aku meminta izin kepada Rabb-ku dan aku diizinkan, Dia mengilhamiku bacaan-bacaan tahmid yang aku gunakan untuk bertahmid, aku tidak mengingatnya sekarang, maka aku bertahmid dengan bacaan-bacaan tahmid dan aku menunduk sujud kepadaNya, lalu dikatakan, ‘Wahai Muhammad, angkatlah kepalamu, katakanlah niscaya perkataanmu didengarkan, mintalah niscaya kamu akan diberi dan berilah syafaat niscaya ia akan dikabulkan.”(HR. Bukhari dan Muslim).

Syarat kedua, ridha Allah kepada calon penerima syafaat, dan Allah hanya ridha kepada ahli tauhid, orang-orang yang taat menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larngan-Nya. Syarat ini berdasar kepada beberapa dalil, di antaranya:

1- Firman Allah yang artinya :Dan mereka tiada memberi syafaat melainkan kepada orang yang diridhai Allah.” (QS. al-Anbiya`: 28).

2-  Sabda Nabi saw :
" لِكُلِّ نَبِيٍّ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ فَتَعَجَّلَ كُلُّ نَبِيٍّ دَعْوَتَهُ وَإِنِّي اخْتَبَأْتُ دَعْوَتِي شَفَاعَةً لِأُمَّتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَهِيَ نَائِلَةٌ إِنْ شَاءَ اللَّهُ مَنْ مَاتَ مِنْ أُمَّتِي لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا ".

Setiap Nabi saw memiliki doa mustajab dan setiap Nabi saw telah mengunakan doanya, sementara aku menyimpan doaku sebagai syafaat bagi umatku di Hari Kiamat, ia akan didapat insya Allah oleh orang yang mati dari umatku dan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun.”(HR. Muslim).

Dengan berpijak kepada dua syarat ini maka sesembahan-sesembahan selain Allah yang disejajarkan oleh sebagian orang dengan Allah, dan penyembahnya berharap syafaatnya pada Hari Kiamat, tidak akan bisa berbuat apa pun, tidak bisa membantu dan memberi syafaat kepada penyembahnya, karena mereka tidak meraih izin dari pemilik syafaat secara mutlak, yaitu Allah Tuhan alam semesta.

Begitu pula orang-orang yang tidak beriman, mereka tidak mendapatkan syafaat apa pun, bahkan usaha para pemberi syafaat, jika memang ada, tidak berguna apa-apa bagi mereka, karena Allah tidak meridhai mereka.

Macam-macam syafaat

1- Syafaat ‘uzhma, syafaat agung, disebut pula dengan maqam mahmud, syafaat ini merupakan perwujudan dari janji Allah kepada baginda Nabi saw dalam firmanNya, “Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. al-Isra`: 79).

Syafaat ini terjadi pada Hari Kiamat di Padang Mahsyar, di mana seluruh manusia memikul kesulitan dan menghadapi kesengsaraan yang luar biasa, mereka berharap segera mendapatkan keputusan, maka mereka mencari-cari orang yang bisa memberi syafaat untuk mereka di sisi Allah Ta’ala. Maka mereka mendatangi Adam as, kemudian Nuh as, Ibrahim as, Musa as, Isa as, yang kesemuanya mengatakan “nafsi-nafsi”. Sehingga berakhir kepada nabi Muhammad saw dan beliau bersabda : “Ana lahu” (Aku akan melakukannya).
Kedua, syafaat untuk penduduk surga agar dapat memasukinya. Jika penduduk surga telah tiba di depan pintunya maka mereka mendapatinya tertutup, pada saat itulah Nabi saw memohon kepada Allah agar berkenan membuka pintunya, maka Allah membuka dan penduduk surga masuk ke dalam surga.
Imam Muslim meriwayatkan dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah saw bersabda :  
أَنَا أَوَّلَ النَّاسِ يَشْفَعُ فِي الجَنَّةِ وَأَنَا أَكْثَرُ الأَنْبِيَاءِ تَبَعًا
Aku adalah orang pertama yang memberi syafaat untuk masuk surga, dan aku adalah nabi yang paling banyak pengikutnya.

Ketiga, Syafaat untuk orang-orang yang kebaikan dan keburukannya sama (ashhabul a’raf), dengan syafaat orang-orang ini bisa masuk surga.

Keempat, syafaat untuk penduduk surga agar derajat mereka diangkat di atas yang semestinya. Ini adalah karunia Allah.

Kelima, syafaat untuk orang-orang yang keburukannya lebih besar dari kebaikannya dan mereka sudah diperintahkan ke dalam neraka, mereka tidak masuk alias batal dengan adanya syafaat.

Keenam, syafaat untuk sebagian umat agar masuk surga tanpa hisab dan azab, jumlah mereka adalah tujuh puluh ribu orang, salah seorang dari mereka adalah Ukasyah bin Mihshan ketika dia meminta kepada Nabi saw, “Ya Rasulullah, mohonkan kepada Allah agar aku termasuk mereka.”
Maka Nabi saw menjawab, “Kamu termasuk mereka.”(HR. Al-Bukhari dan Muslim). Dalam hadits syafaat uzhma yang panjang, “Maka dikatakan, ‘Hai Muhammad, masukkan umatmu yang tidak ada hisab atas mereka dari pintu surga yang kanan.

Ketujuh, syafaat bagi ahli tauhid yang karena dosa-dosanya mereka masuk neraka, lalu mereka diangkat dari neraka dengan syafaat.
Sabda Rasulullah saw :

 أَمَّا أَهْلُ النَّارِ الَّذِينَ هُمْ أَهْلُهَا فَإِنَّهُمْ لَا يَمُوتُونَ فِيهَا وَلَا يَحْيَوْنَ وَلَكِنْ نَاسٌ أَصَابَتْهُمْ النَّارُ بِذُنُوبِهِمْ أَوْ قَالَ بِخَطَايَاهُمْ فَأَمَاتَهُمْ إِمَاتَةً حَتَّى إِذَا كَانُوا فَحْمًا أُذِنَ بِالشَّفَاعَةِ فَجِيءَ بِهِمْ ضَبَائِرَ ضَبَائِرَ فَبُثُّوا عَلَى أَنْهَارِ الْجَنَّةِ ثُمَّ قِيلَ يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ أَفِيضُوا عَلَيْهِمْ فَيَنْبُتُونَ نَبَاتَ الْحِبَّةِ تَكُونُ فِي حَمِيلِ السَّيْلِ فَقَالَ رَجُلٌ مِنْ الْقَوْمِ كَأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ كَانَ بِالْبَادِيَةِ  " .

Adapun penghuni neraka yang merupakan penghuninya, maka mereka tidak mati di dalamnya dan tidak hidup, akan tetapi beberapa orang dari kalian, mereka dijilat api neraka karena dosa-dosa mereka, atau karena kesalahan-kesalahan mereka, maka Allah Ta’ala mematikan mereka, sehingga ketika mereka telah menjadi arang, maka diizinkan syafaat, mereka dihadirkan berkelompok-kelompok, mereka dicelup di sungai surga, kemudian dikatakan, ‘wahai penduduk surga, lapangkan untuk mereka.’ Maka mereka tumbuh seperti biji yang berada di aliran air.” seorang laki-laki berkata, “Seolah-olah Rasulullah saw pernah hidup di pedalaman.”
(HR. Muslim dari Abu Said al-Khudri)

Kedelapan, syafaat Rasulullah saw untuk pamannya Abu Thalib sehingga azabnya diringankan, Imam al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Said al-Khudri bahwa Rasulullah saw bersabda ketika pamannya disinggung di depannya,
لَعَّلَهُ تَنْفَعُهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ فَيُجْعَلُ فِي ضَحْضَاحٍ مِنْ نَارٍ يَغْلِيْ مِنْهُ دِمَاغُهُ
Mudah-mudahan syafaatku akan menolongnya pada Hari Kiamat, kemudian dia ditempatkan di lapisan paling dangkal dari neraka yang membuat otaknya mendidih.

Syafaat beliau untuk pamannya hanya sebatas meringankan tidak mengeluarkan dari neraka karena dia wafat dalam keadaan memegang agama nenek moyangnya, tidak beriman kepada Islam, jadi dia bukan termasuk ahli tauhid yang berhak dikeluarkan dari neraka.
Wallahu a'lam.

13.  Surga dan Neraka

Surga dan neraka adalah tempat manusia yang abadi. Surga tempat kenikmatan yang disediakan Allah untuk orang-orang  mukmin yang bertaqwa, yang mengimani apa-apa yang harus diimani, yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, dan kepada orang-orang yang ikhlas.
Di dalam surga terdapat berbagai kenikmatan yang tidak pernah dilihat mata, tidak pernah didengar telinga, serta tidak terlintas dalam benak manusia. Firman Allah :
إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ (7) جَزَاؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ذَلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهُ (8)
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga `Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadaNya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya. (QS. Al-Bayyinah/98 : 7-8)
                        Neraka adalah tempat adzab (siksa)  yang disediakan oleh Allah untuk orang-orang kafir, yang berbuat zalim, serta bagi yang mengingkari Allah dan Rasul-Nya. Didalam nerakaterdapat berbagai adzab dan sesuatu yang menakutkan, yang tidak pernah terlintas dalam hati. Firman Allah :
وَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ
Dan peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir. (QS. Ali Imran/3 : 131)

E. Dampak Iman Kepada Hari Akhir

1.      Mencintai ketaatan dengan mengharap balasan pahala pada hari itu.
2.      Membenci perbuatan maksiat dengan rasa takut akan siksa pada hari itu.
3.      Menghibur orang mukmin tentang penderitaan  yang didapatkan  di dunia dengan mengharap kenikmatan serta pahala di akhirat.
4.      Bertambahnya keimanan seorang mukmin tentang keadilan Allah, dimana setiap orang akan mendapatkan balasan amalnya di dunia sekalipun di sewaktu di dunia dia tidak mendapatkannya.


(والله أعلم بالصواب)















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar